2014-03-22

Belajar Bermasyarakat dengan Sosiologi

BELAJAR BERMASYARAKAT DENGAN SOSIOLOGI


Judul               : Sociology 3A for Senior High School Grade XII Semester 1 
Penulis             : Dra. Kun Maryati dan Juju Suryawati, S.Pd.
Penerjemah      : Mayasari, M.Hum.
Penerbit           : esis
Tahun terbit     : Mei 2011
Tebal buku      : 157 + ix halaman
ISBN               : 979-25-5420-3

Sosiologi merupakan serangkaian ilmu pengetahuan untuk mempelajari masyarakat dan kebudayaannya. Sebagai tempat dimana manusia berinteraksi dengan satu sama lain, masyarakat juga merupakan tempat dimana peristiwa-peristiwa terjadi yang melibatkan anggotanya. Untuk menjadi bagian dari masyarakat tersebut, manusia perlu mengerti kedaan sekitarnya sehingga mereka dapat memerankan peran mereka sebagai anggota masyarakat yang baik.

Buku ini didesain untuk membantu siswa kelas XII SMA/MA menambah kemampuan mereka untuk memahami setiap peristiwa dalam kehidupannya sehari-hari melalui pemahaman konsep sosiologi, seperti sosialisasi, konflik sosial dan integrasi sosial.

Buku ini berisi tiga bab materi dengan rangkuman dan evaluasi disetiap babnya, sehingga mempermudah siswa. Bab 1 berisi tentang hakikat, bentuk-bentuk, faktor-faktor serta akubat dari perubahan sosial. Selanjutnya bab kedua membahas tentang modernisasi dan globalisasi. Adapun rinciannya merupakan pengertian, gejala dan dampak modernisasi dan globalisasi di Indonesia juga tantangan masa depan bangsa Indonesia. Bab terakhir berisi hakikat, tipe-tipe dan jenis lembaga sosial.

Dibandingkan buku sejenis lainnya, buku ini tergolong unggul dari sisi cover yang full colour. Buku ini juga dilengkapi gambar yang cukup besar sehingga membuat siswa semakin betah untuk mempelajari buku ini. Pembawaan dwibahasa pada buku ini menjadi nilai plus tersendiri bagi siswa yang mendapatkan pembelajaran dua bahasa. Meskipun begitu, buku ini tidak cukup lengkap karena adanya keterbatasan materi yang disebabkan oleh penggunaan dwibahasa.


Buku ini merupakan buku panduan yang cocok digunakan bagi siswa SMA/MA kelas XII untuk lebih mendalami materi sosiologi. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan buku ini, secara garis besar buku ini tergolong memadai untuk dijadikan pegangan.

Kun Maryati lahir di Boyolali, Jawa Tengah pada tahun 1950. Ia lulus sebagai sarjana  dari Fakultas Sains dan Pendidikan IKIP Negeri Jakarta. Ia kini mengajar di SMA Negeri 35 Jakarta dan menjadi Instruktur Nasional untuk Mata Pelajaran Sosiologi. Sekarang, ia adalah seorang Widyaiswara Madya di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.

Juju Suryawati, S.Pd. lahir di Purwakarta, Jawa Barat pada tahun 1950. Ia lulus sebagai sarjana dari IKIP Negeri Jakarta. Ia telah menjadi guru SMA Negeri 70 Jakarta sejka 1981. Tidak hanya mengajar, ia juga aktif sebagai Instruktur Nasional untuk Mata Pelajaran Sosiologi dan Kepala MGMP Sosiologi DKI Jakarta.

Resensi ini ditulis oleh Endah Sulistyaningrum, Gilang Mayang Sari dan Rahma Ayuningtyas Fachrunisa yang ketiganya kini masih duduk di bangku kelas XI program Akselerasi SMA Negeri 1 Sukoharjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar